Cara Membuat Email di Android

Mastrigus.com - Cara Membuat Email di Android - Kamu sudah punya email? Kalau sampai hari ini kamu mengaku tidak punya email, saya ajungi 4 jempol sekaligus. Karena dengan merebaknya teknologi di tengah-tengah masyarakat, email telah menjadi kebutuhan dasar masyarakat untuk bersosialita.

Apalagi bagi pengguna android, sudah pasti bagi pengguna android yang sudah melakukan instalasi melalui playstore, dia pasti sudah memiliki email. Namun, sebagian orang yang saya temui, mengaku tidak memiliki email (padahal hpnya android canggih) dan merasa bingung ketika saya tanyai emailnya apa.

Rata-rata, masih banyak orang yang tidak mengerti apa itu email dan apa kegunaannya. Jadi meskipun banyak orang memiliki android, namun belum tentu ia tahu kalau ia punya email. Toh, terkadang, email tidak dibuat sendiri oleh si empunya handphone. Jadi tahunya tinggal pakai.

APA ITU EMAIL?

Email adalah singkatan dari Elektronik Mail atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik merupakan sarana dalam mengirim surat yang dilakukan melalui media internet. Media internet yang dimaksud bisa melalui komputer atau handphone yang memiliki akses internet.


APA FUNGSI EMAIL

Fungsi email di antaranya adalah:
  1. Sebagai surat elektronik yang bisa digunakan untuk mengirim dan menerima surat secara realtime dengan syarat harus terhubung ke internet.
  2. Sebagai alamat rumah di dunia maya.
  3. Digunakan untuk mendaftarkan akun facebook dan akun media sosial lainnya.
  4. Digunakan untuk dapat memfungsikan android agar lebih baik, seperti untuk download aplikasi melalui playstore, untuk mengamankan android saat kehilangan, untuk membackup data kontak 
  5. dan lain-lain
Sebenarnya banyak sekali manfaat dari email untuk mempermudah kita dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Jika dahulu kala email lebih berfungsi bagi kalangan pebisnis, namun sekarang email tidak lagi sulit untuk ditemui. Saya berai  menebak, setiap handphone android yang dipakai manusia, hampir bisa dipastikan ada emailnya.

Cara Membuat Email di Android

Ada banyak sekali layanan yang bisa kita pakai untuk membuat email. Salah satu layanan yang paling banyak digunakan adalah GMAIL, sebuah layanan email milik Google. Bagi pengguna andorid, akun gmail merupakan nyawa dari kesempurnaan penggunaan android. Maka saya akan membeberkan bagaimana cara mudah membuah akun gmail melalui android.
  1. Buka android
  2. Pilih pengaturan
  3. Pilih akun
  4. Pilih tambahkan akun GOOGLE
  5. Akan tampil dialog baru, Pilih BARU
  6. Masukkan NAMA DEPAN dan NAMA BELAKANG
  7. Pilih Tombol lanjut
  8. Masukan nama email yang kamu hendaki. INGAT: pastikan nama email belum pernah digunakan orang lain, karena pasti tidak bisa.
  9. Pilih Tombol lanjut
  10. BUAT SANDI dan KETIKAN KEMBALI SANDI TADI
  11. Pilih Tombol lanjut
  12. Masukkan pertanyaan keamanan dan Email PEMULIHAN (optional)
  13. Pilih Tombol lanjut
  14. Pilih Tombol lanjut
  15. Isikan KODE CAPTA yang tampil
  16. Pilih Tombol lanjut
  17. Tunggu beberapa saat, handphone akan berkomunikasi dengan server google. 
  18. Dan selamat, kamu sudah punya email.
Mudah sekali bukan. Semoga artikel saya tentang Cara Membuat Email di Android ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Amin.

SILAKAN MEMBACA ARTIKEL LAINNYA:

Disqus Comments