Cara Mengatasi Aplikasi Seleksi SDM PKH 2017 Bermasalah

Kementrian Sosial melalui surat edaran Nomer 002/LJS.JSK.TU.PANSEL/10/2017 tentang seleksi SDM PKH 2017 telah mengumumkan bagaimana cara mendaftar menjadi calon SDM PKH. Dalam surat tersebut disebutkan bahwa cara mendaftar harus melalui aplikasi yang telah disediakan oleh Kemsos.

Aplikasi tersebut dinamai Seleksi SDM PKH 2017 yang dapat diunduh melalui playstore, jadi khusus bagi pengguna android saja. Sedangkan bagi yang tidak memiliki HP android, jangan berharap bisa mendaftar.

Oh ya sebelumnya saya juga sudah menulis tentang Cara Memakai Aplikasi Seleksi SDM PKH 2017 yang menjelaskan bagaimana cara memakai aplikasi tersebut step by step berdasarkan dari hasil analisa pada aplikasi tersebut.

Namun, meski aplikasi tersebut digunakan sebagai pintu utama untuk melakukan pendaftaran, ternyata ada berbagai macam masalah sehingga menimbulkan kontroversi hati bagi penggunanya. Duh, kasihan banget bagi para pendaftar yang harus disibukkan dengan permasalahan yang tidak perlu.

MASALAH APLIKASI SELEKSI SDM PKH 2017

Dalam postingan saya sebelumnya, banyak menuai komentar dari para pembaca. Rata-rata komentarnya dikarenakan kebingungan dalam menggunaan aplikasi ini. Bukan salah dari para pengguna aplikasi, karena ternyata pihak pembuat tidak menyertakan tutorial cara menggunakan aplikasinya. Otomatis, banyak yang kebingungan.

Dari berbagai komentar tersebut, akhirnya saya rangkum. Masalah yang terjadi pada aplikasi adalah:

1. Aplikasi Sering Force Close

Yups, ciri khas aplikasi android yang masih banyak bug nya adalah dengan ditandai dengan force close alias keluar sendiri dengan terpaksa. Saat aplikasi ini dibuka dan ingin melakukan upload dokumen tiba-tiba aplikasinya keluar. Duh sayang banget harus mengulang dari awal.

2. Email Notifikasi Pendaftaran Lambat

Benar sekali, saya membuktikan sendiri, respon server terhadap langkah pendaftaran tidak langsung terkirim. Sepatutnya, supaya tidak membuat para pendaftar merasa digantung harapan, ketika pengguna sudah melakukan pendaftaran seharusnya ada email notif yang masuk. Semisal "Terimakasih sudah melakukan pendaftaran seleksi SDM PKH 2017, data yang anda masukkan sudah lengkap, silakan tunggu kabar dari tim seleksi mengenai informasi selanjutnya, notifikasi akan dikirimkan melalui apliasi Seleksi SDM PKH 2017".

Saya melakukan percobaan pendaftaran semenjak tanggal 10 kemarin dan baru mendapatkan email hari ini. Ini buktinya:



3. Tidak Ada Tutorial Cara Memakai Aplikasi

Seorang develop aplikasi sudah seharusnya membuat tutorial bagaimana cara memakai aplikasi hasil buatannya, itu supaya memudahkan bagi para pengguna. Namun ketika saya melakukan searching di google, tutorial yang keluar malah hasil dari para blogger (termasuk saya), bukan dari pembuat. 

Minimal ada halaman FAQ yang bisa menjelaskan secara umum terkait keharusan pengguna aplikasi supaya lancar dalam memakai aplikasi.

4. Menu Navigasi yang Tidak Berfungsi

Ada yang mengeluh ketika mau melakukan editing terhadap data yang sudah dikirmkan, ternyata menu navigasinya tidak berfungsi. Seperti menu navigasi edit ijazah, Edit status perkawinan dan lain-lain. Menu yang tidak berfungsi akan membuat pengguna bingung tujuh keliling.

5. Admin Pengaduan Tidak Responsif

Saya mencoba menghubungi admin pengaduan aplikasi tersebut, tapi tidak kunjung ada balasan. Padahal jawaban atas berbagai masalah kawan-kawan komentator bakal saya jadikan rujukan terhadap pertanyaan tersebut. Atau mungkin, si doi sedang sibuk menanggapi berbagai keluhan pendaftar.

CARA MENGATASI APLIKASI SELEKSI SDM PKH 2017

1. Jika Tidak Menerima Email

Cek pada folder SPAM, siapa tahu emailnya nyangkut di sana. Dan apabila tidak ada email, tunggu saja ya, mungkin belum sempat dikirimkan.

2. Jika Lupa Dengan PIN 6 Digit

Pin didapatkan pendaftar ketika menyentuh "Daftar Disini" jadi jangan sampai lupa dengan PIN Ini. Kalau tidak ingat, cari dan sentuh tombol "LUPA PIN", nanti bisa kalian reset.

3. Jika Aplikasi Force Close Atau Keluar Sendiri

coba lagi untuk membukanya, namun jika terus gagal, lakukan ini
  1. Uninstall aplikasinya melalui aplikasi manager, namun sebelum menghapus, silakan bersihkan dulu data dan cachenya, supaya benar-benar bersih
  2. Download kembali aplikasinya melalui playstore
  3. Login memakai pin dan userkamu
  4. Jika lupa klik "LUPA PIN"

4. Jika Admin Pengaduan Tidak Menjawab

Aduh, kalau ini saya tidak bisa menjawab, anggap saja mereka sedang sibuk.

Dan akhirnya, jika kamu gagal dalam melakukan pendaftaran dan tidak kunjung menerima email. Sabar ya, semoga ada peluang lagi dilain kesempatan. Dan bagi kamu yang sudah melakukan pendaftaran dan berhasil, semoga kamu bisa lolos dan menjadi pendamping PKH. Jadilah petugas yang bisa mengayomi warga yang didampingi.

You Might Also Like: