Skip to main content

follow us

Backlink adalah link atau tautan alamat web yang masuk dari blog lain. Misalnya, link mastrigus.com tertanam di blog kompiajaib.com melalui artikel yang diulas di blog, atau melalui banner iklan yang dipasang di blog tersebut. Jadi link mastrigus.com yang merupakan alamat blog saya, yang ditanam oleh Kompi ajaib tersebut merupakan backlink yang saya dapat.

Backlink pada masanya merupakan hal mendasar yang banyak dikejar oleh para blogger. Karena backlink yang diterima oleh blog tertentu, dipercaya dapat meningkatkan kualitas blog, seperti:
  • Meningkatkan kualitas SEO (search engine optimization atau pengoptimalan mesin telusur) dan SERP (Search Engine Result Page, yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari.
  • Meningkatkan jumlah visitor.
  • Meningkatkan PageRank dari website tersebut.
Namun untuk saat ini, saya tidak mengetahui apakah masih relevan kaitannya backlink dengan keberadaa sebuah blog/websites.

Namun, jika melihat trend yang berkembang, upaya untuk menanam link blog/wesbsites di situs-situs berperingkat besar masih terus berjalan. Buktinya adalah, situs yang menawarkan jasa penanaman backlink masih ramai dimanfaatkan oleh para pengembang blog.

Semakin banyak backlink hidup yang tertanam di blog-blog berperingkat besar, semakin bagus pula blog yang kita miliki. Setidaknya itu adalah keyakinan yang sampai saat ini masih berlaku di kalangan blogger.

Bagaimana cara mendapatkan backlink?

Backlink bisa didapatkan dari berbagai cara, misal dengan meninggalkan jejak komentar di blog orang lain. Biasanya teknik ini disebut dengan blog walking. Artinya bukan blog yang berjalan, melainkan jalan-jalan di blog orang dan meninggalkan komentar yang relevan disertai dengan link blog kita.

Cara di atas memang membutuhkan waktu lama, namun diyakini paling bagus dalam upaya mencari backlink. Selain ada kesempatan dari kita untuk membaca artikel orang lain, di situ kita bisa sambil mencari jejaring baru.

Selain dengan cara blog walking, ada cara yang lebih simple, yaitu dengan cara membeli backlink. Di luar sana banyak sekali situs yang bertebaran menawarkan jasa backlink. Namun cara ini tidak gratis, kita diharuskan membayar sejumlah harga yang dikehendaki si pembuat jasa.

Oh ya, kamu harus lebih teliti memilih jasa tanam backlink tersebut. Pastikan kamu memilih jasa yang terpercaya dan terbukti bisa menjawab keinginan kamu.

Dapatkan Backlink Gratis dari Mastrigus.com

Saya tidak mendakwa blog mastrigus.com sebagai blog peringkat atas. Blog ini hanyalah sarana untuk membagi ilmu dan pengalaman yang saya miliki. Artikel yang saya tulis masih banyak terdapat kesalahan, semisal salah ejaan (typo). Jenis artikelnya juga belum bisa memberi manfaat bagi orang lain.

Saat ini, blog mastrigus.com masih dibuka sebanyak 3.000.000 kali (plus) pengguna, itu angka yang belum seberapa. Di Alexa Rank masih menduduki peringkat 297.000 (rank global) dan peringkat 6520 (rank Indonesia). Ini rank yang masih terlalu gemuk untuk dijadikan brand.

Namun, Geis. apa salahnya juga kalian mendapatkan backlink dari saya. Selama blog ini bisa memberi manfaat kepada blogger lainnya, hal-hal kecil semisal menanam backlink di mastrigus.com juga bisa kita upayakan.

Nah, jika kalian menginginkan backlik dari saya, silakan ikuti petunjuk di bawah ini:
  1. Buatlah artikel asli (otentik) yang fresh/baru tentang apapun.
  2. Artikel terdiri atas 500 (minimal) kata dan dilengkapi gambar pendukung (upayakan gambar asli atau gambar dari situs lain yang sudah di edit)
  3. Kirim artikel ke Email : mastrigus@gmail.com dan konfirmasi melalui WA : 082139874005
  4. Silakan melampirkan 2 link aktif yang mengarah ke blog kamu.
  5. Selanjutnya akan saya cek apakah artikel tersebut memenuhi standar artikel di mastrigus.com. Artikel biasanya harus unik dan lolos dari unsur plagiat. Jika lolos, artikel akan langsung saya publish di blog ini.
Oh ya, selain itu, kamu juga bisa menulis artikel tentang mastrigus.com di blog kamu sendiri. Artikel bisa berupa saran, kritik, masukan, ocehan negatif maupun ocehan positif tentang mastrigus.com.

Setelah itu, artikel di blog kamu yang membahas tentang mastrigus.com akan saya taruh di laman About.

Semoga kalian berkenan, Geis.

You Might Also Like:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar