Skip to main content

follow us

Senang sekali rasanya ketika daftar adsense memakai AMP HTML untuk menjadi penayang iklan resmi Google Adsense (GA) dan langsung disetujui. Itu sama seperti yang saya rasakan ketika kemarin mendaftarkan blog baru dan langsung disetujui, tidak sampai menunggu 24 jam.

Berbeda sekali ketika saya baru pertama kali mendaftarkan blog, saat itu saya harus bolak-balik daftar sebanyak 10 kali hingga akhirnya disetujui. Mungkin Google kasihan kepada saya atau mungkin Robot Google merekam upaya saya yang tiada henti. Banyak kemungkinan yang bisa dipakai.

Saya memiliki blog baru, dan dalam blog tersebut saya memakai template AMP HTML buatan Kompiajaib.com. Umur blog masih 1 bulan, dan artikel masih sejumlah 17 (saat saya daftar). Berbekal nekat dan harapan penuh diterima, saya daftarkan blog tersebut malam hari (sekitar pukul 18.30 WIB).

Dan siang harinya (sekitar pukul 14.00 WIB) email keramat dari google masuk ke inbox, menyatakan bahwa blog diterima untuk menampilkan iklan adsense. Dalam bahasa blogger, itu biasa disebut sebagai akun full approved.

Saya senang sekali, ini merupakan upaya mendapatkan akun GA yang sangat mudah dilakukan, mengingat sebelumnya saya harus melakukan upaya berdarah-darah dan berulang-ulang kali. Apalagi ketika mendaftarkannya saya memakai template AMP HTML yang masih dalam tahap pengembangan.

Upaya Menjadi Penayang Iklan Google

Saya akan sedikit bercerita tentang alur yang saya lakukan sehingga disetujui menjadi penayang iklan, mulai dari pembuatan blog hingga diterima menjadi penayang iklan. Semoga ini bisa membantu teman-teman blogger lain yang mungkin saat ini sedang membutuhkan akun GA.

Membuat Blog AMP HTML

Membuat blog dengan memakai template AMP HTML hampir sama halnya dengan membuat blog dengan HTML5. Hanya saja, perbedaan paling mendasar terletak pada kode yang dipakai. Kalau untuk urusan yang lain hampir sama.

Yang saya lakukan adalah membuat blog baru dan memasanginya dengan template AMP HTML. Dari mana dapatnya template tersebut? Kita bisa membuat sendiri atau membelinya langsung dari pembuat template.

Oh ya jika kamu tidak bisa membuat template AMP HTML, lebih baik membelinya. Pilih template yang bagus namun murah meriah, saya mendapatkan template tersebut dengan harga Rp. 150.000,- dan berlaku seumur hidup. Selain itu saya mendapatkan update, setiap kali pengembang template membuat perubahan. 

Namun jika kamu belum punya uang, silakan cari template lain yang sudah AMP HTML namun gratis, sepertinya sudah banyak yang menyediakan template AMP GRATIS.

Setelah memasang template tersebut, saya langsung melengkapi kekurangan-kekurangan yang masih ada. Misalnya, jika pembuat template menyediakan slot untuk dilengkapi dengan identitas, langsung saya isi. 

Upayakan kode  seperti ini "#" sudah terisi dan tidak ada yang terkecualikan.

Membuat Artikel Original

Setiap hari, selama 17 hari tersebut, saya membuat artikel sehari satu. Jadi ada satu artikel yang saya post setiap hari. Tentu artikel yang saya post adalah artikel buatan sendiri alias original. Bahkan gagasannya pun gagasan original yang langsung muncul dari kepala.

Untuk latihan membuat artikel semacam itu, kita bisa melihatnya di artikel yang sudah saya buat: Menjadi Blogger Sukses tahun 2018. Di dalamnya sudah ada kiat-kiat membuat artikel dan mengatasi diri ketika sedang tidak punya gagasan atau saat sedang sulit menulis.

Oh ya, untuk blog yang memakai gambar konten, silakan membuat gambar yang bagus dan berukuran di bawah 100 kb. Jangan lupa skala ukuran gambar disesuaikan dengan lebar blog saat menampilkan artikel. Ini supaya kecepatan blog tetap terjaga dan tampak terlihat cantik.

Membuat Halaman Penting

Halaman penting yang saya maksud adalah halaman wajib, ketika kita ingin membuat blog bagus. Misalnya halaman about, halaman sitemap, halaman privacy police, halaman kontak, halaman diclaimer dan lain-lain. Silakan tautkan halaman-halaman tersebut ke laman depan supaya mudah ditemukan oleh pengunjung.

Daftar di Google Search Console

Ini sudah jamak diketahui oleh blogger kebanyakan. Ini adalah menu yang lebih diperuntukkan bagi webmaster untuk mendorong artikel di dalam blog cepat terindeks oleh mesin pencari google. Ketika baru saja membuat blog, saya selalu mendaftarkannya di sini. 

Silakan saja akses https://www.google.com/webmasters dan ikuti petunjuk-petunjuk yang ada. Jika belum tahu, kamu bisa mencari artikel lainnya di google search: Cara Daftar Google Search Console.

Jangan lupa, setelah memposting artikel, silakan submit URL nya ke: Search Console Tool supaya artikel kamu cepat terindeks oleh mesin pencari.

Daftar ke Google Adsense

Nah jika dirasa blog kamu sudah layak untuk didaftarkan, jangan ragu-ragu untuk mencoba mendaftar ke: Google Adsense. Dan berdo'alah supaya sukses diterima. Jangan takut ditolak, karena kita masih bisa mendaftarkannya kembali.

Oke, Geis. Semoga artikel ini dapat menginspirasimu untuk lebih giat ngeblog dan mendapatkan akun adsense. Selamat mencoba.

You Might Also Like:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar