Skip to main content

follow us

Label post artikel dinilai penting untuk diterapkan pada setiap artikel yang telah kita buat. Fungsi dari label sendiri adalah untuk memberikan klasifikasi pada artikel sehingga lebih mudah untuk dikategorikan. Misal dalam blog gado-gado seperti milik saya ini, pelabelan pada artikel sangat diperlukan untuk mengetahui kategori artikel sehingga saya lebih mudah mengelolanya.

Namun sayangnya, jika suatu saat kita ingin mengganti sebagian banyak label artikel bahkan untuk semua artikel, banyak yang belum mengerti caranya. Di blogspot, dalam dashboarnya tidak terlalu banyak menawarkan pilihan manajemen blog, sehingga untuk pengelolaannya harus lebih ekstra berpikir. Ini berbeda dengan wordpress, yang menawarkan sejumlah menu untuk memudahkan kita dalam mengelola.

Perbedaan ini sebenarnya bukan masalah, kesederhanaan dashboard blogspot sebenarnya adalah kelebihannya. Maka saya sendiri tidak terlalu mempersoalkan, yang penting urusan post artikel dan mendapatkan penghasilan dari blog tetap lancar.

Cara Cepat Mengganti Label Artikel 

Awalnya saya bingung ketika memutuskan untuk melakukan pelabelan ulang terhadap artikel yang saya buat. Maklum, pada tahap awal, saya tidak terlalu peduli dengan label blog. Saya tidak membedakan mana label untuk artikel tentang kiat blogger dan mana label artikel tentang kiat andorid, semuanya saya labeli Tips dan Trik.

Ternyata ini menjadi masalah ketika artikel saya sudah menumpuk banyak. Bayangkan, saya tidak sadar jika artikel yang saya tulis sudah mencapai 1000 lebih, dan ternyata label yang saya berikan begitu berantakan.

Lalu kemarin saya harus berpikir ulang bagaimana artikel ini bisa terorganisir dengan baik, supaya saya dapat memberikan kemudahan kepada pengunjung blog untuk menafigasi artikel yang sesuai dengan keinginannya.

Saya sendiri pasti sebal ketika menginginkan artikel tentang blogger lantas yang keluar di related post adalah artikel tentang android. Ini sangat tidak menyenangkan.

Akhirnya, saya memutuskan untuk melabeli ulang artikel yang sudah saya buat. Saya hapus sebagian label yang tidak sesuai dengan label, dan memindahkan sebagian artikel pada label yang seharusnya.

Bagaimana Caranya?

Silakan sobat masuk ke dashboard blogspot, dan ikuti petunjuk sesuai gambar di bawab ini. Saya juga akan menjelaskan satu persatu caranya:

  1. Silakan pilih menu All Post, kemudian cari mana saja artikel yang akan kamu ubah labelnya. Jika artikel itu banyak dan ada di salah satu nama label, pilih saja labelnya.
  2. tombol No. 2 menunjukan label yang sudah dikategorikan. Ketika kita memilih nama label tertentu, seperti saya memilih label template, maka dashboard menunjukkan seluruh artikel dengan label template.
  3. Centang artikel yang akan diubah labelnya. Jika kamu memilih semua artikel, cukup centang kolom paling atas
  4. Tombol No. 4 berfungi untuk menambahkan label atau mengurangi label tertentu, kita bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan.
menambahkan label dengan cara memilih cek boks artikel dan klik label yang ada di No.4. Sedangkan untuk menghapus label, cukup dengan memilih cek boks artikel dan memilih nama label di No. 4 sesuai dengan nama label yang sudah ada di artikel.

Nah dengan begitu, kita bisa melakukan bulk editing (banyak sekaligus) terhadap label-label artikel. Sehingga tidak perlu membuka editor artikel satu-persatu dan mengganti labelnya. Karena itu sangat membosankan.

Selamat mencoba, kawan. Dan jangan lupa berdo'a dulu sebelum memulai sesuatu. Semoga berhasil.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar