Skip to main content

follow us

Saat anak kita baru lahir, pasti neneknya sudah mewanti-wanti sebulan pertama menggunakan popok bayi saja. Namun kenyataan berkata lain, karena saat popoknya basah sedikit saja si bayi sudah rewel dan terbangun lantas membuatmu memutuskan untuk menggunakan diapers. Lalu kira-kira seminggu pemakaian gimana bokong bayi?. Ternyata sang bayi tak cocok ya dan timbul kemerahan diare bokong. Eits, jangan khawatir ya bunda karena kali ini kita bakalan ngebahas cara mengatasi ruam popok. Langsung saja berikut 7 cara alami dan mudah hilangkan ruam popok.

1. Lidah Buaya.

Pertama adalah menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mempunyai sifat anti inflasi yang mampu menghilangkan radang yang disebabkan mikroorganisme. Ambil lidah buaya yang masih segar/ dalam keadaan utuh. Pisahkan bagian gelnya saja dan gosokkan secara perlahan ke ruam dengan gerakan memutar. Gel lidah buaya ini akan menyerap kelembaban dan membuat bagian yang ruam menjadi kering.

2. VCO atau minyak kelapa murni

Ternyata VOC atau minyak kelapa murni ini juga mampu menghilangkan ruam popok pada bayi lho. Caranya sangat mudah. Oleskan minyak kelapa murni ini pada bokong sebelum menggunakan popok.

3. Mandi air hangat

Mungkin menurut bunda ini adalah cara yang paling mudah. Seperti biasa siapkan air hangat untuk mandi si kecil. Eits jangan terlalu panas ya. Untuk mengetahui hal ini bunda bisa coba untuk menempelkan bagian siku ke air tersebut. jika dirasa sudah cukup nyaman maka pas untuk bayi. Atur posisi bayi seperti dalam keadaan menjongkok. Namun tetap dipegang dengan kedua tangan bunda agar dia tetap merasa nyaman. Lakukan posisi ini selama 10-15 menit sehari 3x agar mendapatkan hasil yang maksimal. Oh iya sebelum menggunakan popok kembali, pastikan area paha dan bokong kering 100%.

4. ASI

Mungkin bunda mengira ini adalah cara paling mahal, iya kan? Jika sebelumny bunda hanya tahu ASI dapat menyembuhkan lecet pada putting, ternyata kandungan ASI yang dapat melawan bakteri juga dapat menyembuhkan ruam popok lho. Caranya oleskan ASI pada ruam dan tunggu hingga kering. Setelah itu bunda dapat menggunakan popok seperti biasa.

5. Oatmeal

Selanjutnya adalah menggunakan oatmeal. Pasti bunda gk nyangka kan jika ternyata oatmeal dapat digunakan untuk menghilangkan ruam popok. Ambil satu sendok oatmeal dan taburkan kedalam air mandi si kecil. Biarkan oatmeal terendam kurang lebih 15 menit. Nah oatmeal ini dapat membanyu kulit mempunyai system pelindung tertentu untuk menjaga kulit bayi dari ruam popok.

6. Olive oil

Bukan rahasia lagi, minyak zaitu mempunyai manfaat untuk menenangkan kulit, mengurangi kemerahan dan juga gatal. Caranya cukup campurkan minyak zaitu ke dalam air. Kemudian oleskan dengan lembut kearea yang ber ruam. Minyak zaitun ini dapat berfungsi untuk mengobati maupun melindungi kulit bayi. Diamkan kurang lebih 15 menit dan bersihkan hingga kering.

7. Udara segar

Cara alami dan mudah hilangkan ruam popok yang terakhir adalah adalah udara segar. Salah satu penyebba timbulnya ruam adalah karena bokong terlalu lembab dan sirkulasi udara tidak bisa berjalan lancar. Jadi tek heran, dengan memaparkan bokong bayi pada uadar segar dapat menyembuhkan ruamnya. Kamu dapat melakukan hal ini di dalam kamar dengan membuka jendela. Biarkan si kecil tidur tanpa popok dan beri alas perlak. Atau bunda juga bisa menjemurnya dipagi hari dengan posisi telungkup.

Jika ke 7 cara alami dan mudah hilangkan ruam popok diatas tidak berhasil, jangan ragu untuk membawa si kecil ke dokter ya. Agar segera mendapatkan penanganan yang terbaik.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar