Skip to main content

follow us

Ingin menikmati wisata di Jogja secara lebih optimal? Di bawah ini kamu akan menemukan beberapa tips yang akan membantumu untuk bisa merasakan pengalaman berwisata di Jogja yang mengesankan.

Jangan Segan untuk Bertanya

Sebagai seorang wisatawan yang datang ke sebuah tempat wisata yang tidak familier tentunya kamu kadang menemukan ada hal-hal yang membuat bingung. Kalau itu yang terjadi pada saat kamu sedang berwisata ke Jogja, jangan pernah takut atau segan untuk bertanya. Masyarakat Jogja akan dengan senang hati menjawab pertanyaanmu.

Ya, tanpa ada maksud untuk melakukan generalisasi, tapi memang kebanyakan warga Jogja itu terkenal dengan keramah tamahannya. Banyak wisatawan yang mengaku bahwa mereka mendapatkan bantuan lebih dari apa yang mereka harapkan. Sebagai contoh, ada wisatawan yang sekedar menanyakan arah tempat wisata yang ingin dituju ke salah satu warga Jogja, ternyata warga tersebut malah berkenan untuk mengantarkan sampai ke tujuan.

Tidak hanya itu saja, Jogja sudah terkenal sebagai salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia. Makanya, kota ini sudah pasti memiliki berbagai macam fasilitas yang akan mempermudah para wisatawan dalam berlibur di Jogja. Kalau kamu tidak bisa menemukan fasilitas yang akan membantumu, coba saja ke pos polisi terdekat, atau ke halte bus terdekat. Maka kamu akan bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaanmu yang berhubungan dengan berwisata ke Jogja.

Mulailah dari Pusat Kota baru ke Pinggiran

Sebenarnya tidak ada aturan khusus kamu harus memulai liburan di Jogja dari mana harus ke mana saja. Kamu bebas menentukannya dan hampir selalu bisa dipastikan, pengalaman liburanmu di Jogja akan mengensankan.

Tapi supaya kamu lebih bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin, sangat disarankan buatmu untuk mulai berpetualang di Jogja dari pusat kota baru ke arah pinggiran. Dan saran ini amat sangat bagus buat kamu yang hanya punya sedikit waktu di Jogja. Kenapa seperti itu?

Ketika kamu sudah ada di pusat kota, kamu akan menyadari bahwa ternyata kamu sudah dikelilingi oleh berbagai macam tempat wisata yang keren. Ambil saja contoh Malioboro ada di pusat kota Jogja. Kemudian ada lagi Kraton Jogja. Jangan lupakan juga Benten Vredeburg yang merupakan peninggalan jaman kolonial Belanda. Benteng tersebut juga berada di pusat kota.

Untuk kamu yang berlibur sambil membawa anak-anak, kamu bisa juga mengunjungi Taman Pintar yang letaknya juga ada di pusat kota. Dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya.

Intinya adalah, kalau kamu sudah di pusat kota, maka kamu sudah bisa menikmati banyak tempat wisata. Sebagai pelengkap, kamu bisa ke daerah pinggiran untuk menikmati tempat wisata alternatif lainnya. Tapi sekali lagi, itu semua hanya saran saja. Pada dasarnya tidak ada aturan khusus untuk menikmati Jogja.

Jangan Lewatkan Event-event Khusus

Selain dikenal sebagai Kota Wisata dan Kota Pelajar, Jogja juga dikenal sebagai Kota Budaya. Ya, budaya masih amat sangat dijunjung tinggi di kota ini. sebagai contoh, kamu akan bisa melihat bagaimana masih ada banyak upacara budaya yang digelar di Jogja. Nah, tidak ada salahnya buatmu untuk menikmati upacara-upacara tersebut yang umumnya tidak digelar setiap hari.

Di sini, kejelianmu dalam mencari informasi sangat dibutuhkan. Cobalah untuk mencari tahu informasi tentang event-event khusus yang digelar sewaktu kamu berlibur di Jogja. Pasti ada event khusus walaupun tidak melulu berhubungan dengan budaya. Sebagai contoh, pameran seni setiap hari pasti selalu ada di Jogja. Hanya berbeda-beda saja tempat penyelenggaraannya. Nah, buat kamu yang menggemari seni, sayang bukan kalau kamu tidak menikmati pameran-pameran itu?

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar