Skip to main content

follow us

Content Placement adalah sebuah istilah yang biasa dipakai dalam blog atau website untuk meletakkan konten di dalam blog dan berisi tema yang telah ditentukan dengan maksud mempromosikannya. Dalam bahasa lain yang lebih mudah dipahami, content placement berarti konten bermateri iklan yang diterbitkan di dalam blog atau website.

Jenis iklan seperti ini sangat disukai oleh pemilik situs besar yang membutuhkan ulasan dari blog lain untuk mendapatkan kredit poin berupa backlink dan juga kepercayaan dari para pembaca. Kebutuhan blog-blog berduit ini setidaknya memberikan kesempatan kepada para blogger lain yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan selain dari adsense.

Bagaimana Content Placement Bekerja?

Tidak ada teknik khusus yang diperlukan untuk mendapatkan penawaran ini kecuali kemampuan untuk menulis yang baik dan benar. Biasanya pihak pengiklan akan menghubungi kita melalui email dengan maksud ingin membuat kerjasama penempatan konten di blog yang kita miliki. 

Konten yang dikehendaki oleh calon pengiklan tidak melulu kita buat sendiri, adakalanya mereka telah menyediakan artikel yang sudah bagus untuk dipos di blog kita, kita hanya perlu mempublishnya seperti biasa. Namun ada juga yang meminta kepada kita untuk membuat artikel dengan ketentuan yang mereka inginkan. Berkaitan apakah mereka atau kita yang membuat artikel, yang jelas fee yang kita terima juga berbeda.

Misalnya mereka sudah menyiapkan artikel sendiri, maka besaran fee yang kita terima tidak sebanyak saat artikelnya kita buat. Untuk artikel yang sudah siap, biasanya saya menerima fee Rp. 300.000,- /post dan sekitar Rp. 500.000,- jika yang menulis artikel saya.

Membuat Blog Yang Disenangi Pengiklan 

Ada beberapa kriteria yang paling disenangi para pengiklan content placement, kriteria ini saya dapatkan dari hasil wawancara terhadap beberapa blogger yang kerap mendapatkan iklan model seperti ini. Beberapa kriteria tersebut adalah:
  1. Blog pribadi dengan nama blog dan URL memakai nama sendiri;
  2. Blog yang mengulas sesuatu dengan detail;
  3. Blog yang memiliki konten orisinal;
  4. Blog yang sudah memiliki brand;
  5. Blog yang DA dan PA nya tinggi;
  6. Blog yang Alexa Ranknya bagus;
  7. Banyak konten unik di dalam blog;
  8. Blog yang selalu update setiap hari;
  9. Blog dengan niche tertentu atau gado-gado
Menurut beberapa informan, calon pengiklan biasanya akan melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan bahwa blog kita layak untuk mendapatkan penawaran. Riset ini dilakukan melalui penaretan kata kunci dan memilah blog siapa yang paling relevan dengan kata kunci yang telah mereka kehendaki.

Hasilnya, jika kebetulan kata kunci tersebut mengarah pada blog kita, mereka biasanya menghubungi melalui email dan menawarkan kerjasama tersebut. Jika ini terjadi, jangan abaikan, silakan balas dengan jawaban diterima atau ditolak.

Keuntungan Blogger yang Mendapatkan Penawaran Content Placement

Kita tidak tahu siapa saja calon pengiklan yang bakal menghubungi kita, namun menurut pengalaman saya, mereka bisa siapa saja. Penghasilan dari ini sangat bagus, apalagi jika mereka sendiri yang menulis artikelnya. Namun, meski demikian jangan sungkan untuk menawar harga yang akan mereka beri. Saya kerap melakukan hal ini sebelum deal dan memutuskan untuk mempublish artikel di blog saya.

Jangan lupa juga untuk selalu mengecek isi artikel yang mereka kirim, bagaimanapun juga, jika artikel itu telah dipos di blog kita, berarti merepresentasikan bahwa penulis artikelnya adalah kita. jadi jangan korbankan blog anda dengan mengejar sesuatu yang kurang bagus untuk blog kita sendiri.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar