Skip to main content

Cara Mudah Transkip Suara Menjadi Teks di Komputer (Voice to Text)


Voice to Text - Keberadaan artificial intelijen  atau disingkat AI sangat berguna bagi pemenuhan kebutuhan kita sehari-hari. Seperti halnya saat ketika kita hendak mentranskrip suara atau voice menjadi teks dengan cepat dan mudah.

Dengan adanya AI yang difokuskan untuk mengenali suara serta memberi perintah kepadanya untuk menuliskan suara tersebut menjadi teks, pekerjaan trasnkip suara menjadi sangat mudah berkat bantuan tool tersebut.

Google telah membuat sebuah tool yang memanfaatkan AI secara penuh untuk dapat dengan mudah mentranskrip voice menjadi teks.

Tools ini dapat kita temukan di dalam browser Chrome, dengan mengakses alamat tertentu kita dapat memanfaatkan tools ini dengan mudah.

Nama toolsnya adalah Web Speech API Demonstration, tools ini berguna untuk mentranskrip suara baik suara yang telah direkam atau suara secara langsung melalui komputer yang kita miliki.

Cara Transkip Suara Menjadi Teks

Untuk dapat menggunakan tools ini, pertama-tama yang harus kita sediakan adalah menggunakan Browser Google Chrome, jika belum punya silakan memasangnya di komputer anda.

Anda bisa mencari aplikasi Google Chrome melalui Google Search dengan mengetikkan kata kunci "Google Chrome" lalu menuju kepada tautan yang telah di tunjukkan oleh Google.

Selanjutnya, silakan akses tautan ini Speech, kita akan langsung diarahkan kepada situs berpenampilan sederhana seperti pada gambar di bawah ini:

Seperti yang telah kita lihat tampilan tools yang bisa transkip voice to text tersebut sangat sederhana. Namun jangan apriori terhadap kemampuan yang bisa ia lakukan.

Dengan melakukan setting tepat, kita bisa melakukan banyak hal terhadap tools ini.

Mengenal Fitur Web Speech API Demonstration


Saya jelaskan step by step fitur yang ditunjukkan oleh tanda panah di atas:

  1. Panah yang ditunjukkan pada angka satu berfungsi untuk mengenali suara yang muncul. Dengan mengklik tanda mic tersebut, kita telah mengaktifkan tools ini untuk mengenali suara lalu menuliskan teks secara otomatis di panah nomor 2.
  2. Panah yang ditunjukkan nomor 2 berfungsi untuk menyimpan teks yang ditulis dari pengenalan voice tersebut. Teks secara bertahap tertulis di dalam kolom tersebut.
  3. Nomor 3 yang ditunjuukan panah di atas berfungsi untuk menentukan bahasa apa yang dipakai dalam voice atau suara. Jika bahasa yang diucapkan adalah bahasa Indonesia, maka pilih bahasa Indonesia

Cara Memakai Voice to Text Dengan Benar

Yang pertama kali anda siapkan setelah berhasil membuka tools ini adalah menyiapkan suara yang hendak kamu transkip ke dalam bentuk teks.

Suara ini bisa berasal dari suaramu sendiri, suara pidato, suara diskusi yang telah direkam. Untuk suara sendiri, tidak perlu direkam karena kita bisa langsung mengucapkannya.

Selanjutnya, silakan tentukan bahasa yang muncul dari suara tersebut. Ada 60 bahasa pilihan dengan macam-macam dialek, termasuk bahasa jawa juga tersedia dalam tools ini.

Setelah memilih bahasa, selanjutnya adalah menekan tombol nomor satu, lalu perdengarkan suara kepada tools tersebut. Dengan begitu tools secara otomatis mentranskip suara ke teks. Teks akan muncul di kolom panah nomor 3.

Warning: Teks yang ada di kolom tiga akan hilang ketika anda menekan tombol on pada tombol nomor 1.

Jadi saat anda sudah selesai mentranskip suara dan menonaktifkan tombol tersebut, segeralah meng-copy dan mengamankannya di Micorsoft Word atau aplikasi pencatatan lainnya.

Pengaturan Pengenalan Sumber Suara Voice to Text

Tools ini dapat bekerja maksimal pada dua jenis input sumber suara yang ada di windows. Sumber suara tersebut bisa berasal dari microphone eksternal dan microphone internal.

Input suara dari Microphone eksternal memakai alat lain yang tidak terdapat pada komputer, misalnya headphone yang memiliki input suara.

Sedangkan input suara dari Microphone Internal berasal dari dalam komputer itu sendiri. Misalnya suara musik dari Youtube yang terdengar di speaker laptop bisa kita pakai untuk sebagai input suara.

Bagi pengguna Windows 10, kita bisa melakukan pengaturan guna menyesuaikan dari mana sumber input suara berasal.

Silakan ikuti pengaturan di bawah ini:

Untuk menuju pengaturan Sound silakan klik kanan pada icon speaker yang ada di pojok kanan bawah, lalu pilih Open Sound Setting

Pada tombol dialog pengaturan Sound silakan pilih Sound dan temukan menu Input. Di sana terdapat dua jenis microphone.

Jika anda hendak mengambil input suara dari suara anda sendiri secara langsung pilihlah Microphone (Realtek High Definition Audio atau tergantung pada jenis hardware yang ada pada komputer).

Jika anda hendak mengambil suara dari sumber media yang ada di laptop, misalnya aplikasi pemutar musik, youtube dan lain-lain, silakan pilih Stereo Mix (menyesuaikan dengan nama hardware yang anda pakai).

Gambaran setting tersebut seperti terdapat pada gambar di bawah ini:


Beberapa kelemahan Dari Voice To Text

Tidak ada yang sempurna kecuali Gusti Alloh SWT, apapun yang dibuat manusia selalu memiliki kelemahan.

Begitu pula dengan Web Speech API Demonstration, untuk bisa menggunakannya secara maksimal, ada prasyarat khusus yang harus dipenuhi.

Seperti suara yang hendak di transkip, haruslah memiliki suara jernih dan jelas, dengan kecepatan yang bisa dimengerti oleh mesin.

Suara yang tidak terlalu jernih, terlalu berisih bahkan tidak terlalu keras tidak dapat dikenali dengan baik oleh si AI.

Kelemahan lainnya adalah, AI hanya bekerja mentranskip suara menjadi teks, itu saja. Ia tidak bisa bekerja seperti mengatur tanda baca atau mengatur paragraf.

Karena ini bagian dari estetika penulisan, sedangkan mesin tidak memiliki nilai ekstetika. Jadi untuk pekerjaan mengatur tanda baca dan paragraf harus dikerjakan oleh kita sendiri.

Tapi sebenarnya, dengan dibantu oleh AI dalam hal transkip suara ke teks menjadikan kita lebih hemat waktu. Kita tidak perlu lagi mengetik teks.

Selamat mencoba kawan.


HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar