Skip to main content

Seberapa Kuat Anda Tertarik Pada Blog?


Blogger - Suatu ketika saya mendapat pesan dari seorang melalui chat FB, kemudian tanpa panjang lebar, orang tersebut menyatakan ketertarikannya pada blog, ia mengatakan ingin menjadi blogger seperti saya dan segera ingin sukses. Semangat sekali orang ini.

Saya yang sebenarnya juga tidak suka basa-basi, langsung menjelaskan kepadanya apa itu blog dan bagaimana membuatnya, tidak tanggung-tanggung, cara membuat blog pun saya kirimkan kepadanya.

Prinsipnya "Jangan setengah-setengah menolong makhluk Tuhan".

Seperti kebanyakan para Blogger pemula, ketika hendak membuat blog, hal pertama yang paling menjadi hambatan adalah tentang bagaimana membuat konten. Orang yang chat saya tadi juga menanyakan hal sama, ia bingung bagaimana cara menulis artikel.

Saya tidak kaget dengan pertanyaan seperti itu, karena pada dasarnya saya juga mengalami hal sama ketika berniat menjadi Blogger pertama kali.

Setiap orang selalu merasa bingung ketika baru pertama kali, itu wajar. Dan bagi orang yang bingung, wajar bertanya pada ahlinya ahli.

Alasan Tertarik Menjadi Blogger

Ada berbagai alasan sehingga orang ingin menjadi Blogger, dan setiap alasan selalu memiliki ceritanya sendiri.

Misalnya saya dulu ingin menjadi blogger karena tertarik dengan dunia tulis menulis dan dunia IT. Maka Blog adalah salah satu jawaban atas hobi saya tersebut karena mengakomodir keduanya.

Tapi berbeda orang, berbeda pula alasannya. Sebagian besar orang yang menghubungi saya mengaku tertarik menjadi blogger karena berharap ingin mendapatkan penghasilan tambahan atau ingin memakai waktu luang untuk mengisi aktivitasnya.

Bagi yang tertarik terhadap blog karena alasan ingin menggunakan waktu luang, biasanya terjadi pada Mahasiswa yang baru wisuda, atau kepada orang yang sedang tidak punya pekerjaan atau sedang kehilangan pekerjaan.

Menjadi influencer blog adalah salah satu cara mengalihkan energi diri yang tidak terpakai, bisa juga terjadi karena benar-benar ingin serius menjadi Blogger sejati.

Cerita mengenai pesan yang dikirimkan oleh seseorang di atas adalah prototype tipe manusia kebanyakan (dari semua yang bertanya kepada saya tentang blog).

Sampai saya menjelaskan dengan rinci metodologi blog beserta tutorialnya, ujung-ujungnya selalu terjadi pengabaian.

Dalam arti, hampir 90% orang yang menghubungi saya untuk belajar blog tidak lebih dari sekedar ungkapan keinginan tanpa keseriusan yang berarti.

Faktor ini bisa disebabkan oleh alasan-alasan yang telah saya kemukakan di atas.

Memang ini wajar, orang akan sibuk mencari pekerjaan ketika tidak punya pekerjaan, seperti yang telah saya katakan, itu adalah bagian dari proyeksi atas kejenuhan orang tanpa kegiatan.

Blog Bisa Menghasilkan Uang

Benar sekali, dengan serius mengolah blog, kita bisa menghasilkan uang, berarti kita bisa ngeblog agar dapat uang.

Motivasi ini sering dipakai oleh kebanyakan blogger pemula untuk menjaga intensitas mereka dalam membuat konten blog.

Kebanyakan orang bertanya pada saya mengenai "apakah blog bisa menghasilkan uang?" setelah mereka bertanya tentang "bagaimana cara membuat blog?".

Motivasi semacam ini sudah pernah saya sampaikan berkali-kali bahwa, alasan ini tidak bisa bekerja maksimal apabila kita tidak segera mendapatkan keuntungan dari blog.

Alasan yang bisa dipakai supaya kita bisa tetap konsisten merawat blog adalah karena keinginan untuk berbagi kepada orang lain secara lebih luas.

Alasan ini tidak tergantikan, karena kita akan tetap berbagi apa yang kita ketahui selama mungkin, dan bagi saya ini cocok bagi saya yang hanya bisa berbagi melalui karya tulis.

Sedangkan jika kita mengambil alasan karena ingin mendapatkan uang, itu akan tergantikan apabila anda memiliki sumber keuangan lain.

Bisa jadi, karena penghasilan uang anda lebih besar dari selain blog, aktivitas ngeblog tidak lagi dilakukan.

Saya rasa ini alasan yang masuk akal.

Jadi seberapa kuat ketertarikan anda pada blog? Jawab sendiri ya


HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar