Skip to main content

Penelitian Membuktikan Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan Manusia

Bunga Telang memang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Belakangan ini semakin populer saja orang-orang yang mengonsumsi Bunga Telang. Ada yang menanam di pekarangan rumah, ada yang memperjualbelikannya, bahkan ada juga di restoran lho gaes.

Namun, beberapa artikel di internet yang mengulas manfaat Bunga Telang, hanya mengatakan “menurut sebuah penelitian…” tanpa merujuk sumber penelitian yang jelas. Artikel-artikel seperti itu kan di satu sisi sangat meresahkan, gaes. Nah, maka dari itu, saya akan mengulas manfaat Bunga Telang berdasarkan sumber penelitian yang jelas.

Saya mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh Abdullah Muzi Marpaung, peneliti dari Swiss German University. Pada Bulan Februari 2020, Pak Abdullah menerbitkan penelitiannya yang berjudul “Tinjauan Manfaat Bunga Telang (Clitorea Ternatea L.) Bagi Kesehatan Manusia”. Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Functional Food and Nutraceutical (JFFN). Dokumen penelitian ini bisa diunduh di researchget.net.

Bahkan Pak Abdullah juga satu pemikiran dengan saya. Dalam pendahuluan penelitiannya, Pak Abdullah menulis:

“Persoalannya, tidak semua informasi itu bersandar kepada hasil penelitian ilmiah. Sebagian tak jelas rujukan ilmiahnya. Ada pula yang sekadar pengalaman atau testimoni pribadi. Sebagian lagi berasal dari kepercayaan tradisional. Ada juga informasi ilmiah yang dilebih-lebihkan atau yang diinterpretasikan secara keliru. Telang merupakan tanaman yang seluruh bagiannya memiliki manfaat kesehatan. Sering khasiat bagian tanaman seperti akar, daun, atau biji, diklaim pula sebagai khasiat bunga. Kekeliruan ini bahkan ditemukan pula pada beberapa artikel ilmiah”.

Atas kondisi itulah, Pak Abdullah melakukan penelitian ini. Nah, langsung saja kita simak manfaat Bunga Telang bagi kesehatan Manusia.

1. Mencegah Stress dan Penyakit Degeneratif

Bunga Telang memiliki aktivitas antioksidan yang efektif dan tinggi. Nah, aktivitas antioksidan inilah yang bisa mencegah stress dan penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif adalah kondisi kesehatan manusia yang terjadi akibat memburuknya suatu jaringan atau organ. Penyebabnya, bisa karena tubuh manusia mengalami proses penuaan. Tapi, penyakit degeneratif juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan minum alkohol berlebihan.

Beberapa jenis penyakit degeneratif adalah penyakit jantung, osteoporosis, diabetes tipe 2, hipertensi, kanker dan penyakit kardiovaskular (hambatan aliran darah menuju jaringan organ tubuh). Penelitian sudah mengamati 15 pria sehat berusia rata-rata 23 tahun dengan mengonsumsi minuman yang mengandung ekstrak telang. Hasilnya, setelah 30 menit, kapasitas antioksidan mereka meningkat serta kadar penanda stress oksidatif mereka menurun.

2. Mencegah Diabetes

Bunga Telang telah teruji memiliki potensi antidiabetes. Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) darah. Kalau diabetes tidak dikontrol dengan baik, maka bisa menimbulkan berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa kita. Nah, kandungan antidiabetes Bunga Telang bisa mengontrol dan menurunkan kadar gula darah. 

Penelitian sudah mengamati 15 pria sehat berusia rata-rata 23 tahun dengan mengonsumsi minuman yang mengandung ekstrak telang. Hasilnya, setelah 30 menit, kadar gula darah mereka menurun.

3. Mencegah Obesitas

Penelitian membuktikan bahwa Bunga Telang mampu mencegah obesitas. Seperti yang diketahui, obesitas adalah kondisi kronis akibat pemupukan lemak dalam tubuh yang sangat tinggi, sehingga berat badan bertambah.

Obesitas berkaitan dengan pembentukan jaringan lemak. Bunga Telang memliki potensi sebagai antiobesitas yang mampu menghambat pembentukan jaringan lemak. Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa Bunga Telang mampu menurunkan lemak dari makanan dan total kolesterol darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Mencegah Kanker

Bunga Telang memiliki zat aktif untuk melawan kanker, di antara adalah aktivitas antiproliferasi (mencegah atau memperlambat penyebaran sel kanker) dan penghambatan angiogenesis (pembentukan pembuluh darah baru).

Penelitian melaporkan bahwa ekstrak air Bunga Telang potensial menghambat berbagai lini sel kanker. Beberapa di antaranya adalah lini sel kanker payudara, lini sel kanker ovarium, lini sel kanker serviks, lini sel kanker hati, dan lini sel kanker kelamin pria.

5. Mencegah peradangan

Seperti yang kita ketahui, peradangan atau inflamasi sebenarnya adalah salah satu imun tubuh yang merespon bahaya dengan cara melepaskan sel darah putih/senyawa kimia lain untuk melindungi sel dan jaringan tubuh yang terancam. Tapi, jika dibiarkan terus-menerus, maka dampak peradangan bisa merusak tubuh.

Penelitian membuktikan bahwa Bunga Telang memiliki efek antiinflamasi. Antiinflamasi adalah karakteristik yang dimiliki oleh suatu zat atau komponen untuk mengurangi peradangan. Bahan antiinflamasi memiliki kemampuan analgesik yang memengaruhi sistem saraf untuk menghambat sinyal nyeri ke otak. 

6. Menyembuhkan Asma

Kali ini, Bunga Telang tidak cuma mencegah saja gaes, tapi menyembuhkan penyakit. Penelitian membuktikan bahwa Bunga Telang bermanfaat untuk menyembuhkan asma dan meredakan batuk. Seperti yang kita ketahui, asma adalah gangguan inflamasi kronik pada saluran pernapasan yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami batuk dan sesak napas.

Penelitian membuktikan dengan aplikasi ekstrak Bunga Telang dosis tinggi (100, 200, dan 400mg/kg) bisa bermanfaat sebagai antiasma akut dan kronis, meredakan batuk yang diinduksi sulfur dioksida dan asam sitrat, serta aktivitas anti-inflamasi. Penelitian ini menghasilkan satu kesimpulan bahwa ekstrak Bunga Telang yang terstandar berpotensi sebagai terapi alternatif dalam penanganan asma yang diinduksi oleh alergi.  

7. Mencegah Kerusakan Hati

Penelitian membuktikan bahwa ekstrak Bunga Telang memiliki efek hepatoprotektif atau mencegah kerusakan hati. Dosis supaya ekstrak Bunga Telang yang dapat mencegah kerusakan hati adalah 200mg/kg.

Maksudnya bukan kerusakan hati karena ditinggal kekasih atau berbagai jenis kegalauan lainnya ya, gaes. Tapi, kerusakan hati secara biologis yang dapat menyebabkan gagal ginjal, mudah mengalami pendarahan, terserang infeksi serta pembengkakan otak akibat penimbunan cairan di otak. Lebih ngeri mana kerusakan hati yang ini sama yang itu? Silahkan mencari jawabannya.

Seperti itulah manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan Manusia yang sudah terbukti oleh penelitian. Oiya, satu lagi. Kalau kamu tertarik untuk merasakan beragam manfaat dari Bunga Telang, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara yang sangat gampang.

Masih menurut penelitian, Bunga Telang dapat diolah menjadi minuman pengatur gula darah. Caranya, rendam 10 hingga 15 helai Bunga Telang di dalam 250 ml air panas selama 15 hingga 30 menit. Setelah itu, selamat menikmati seduhan teh Telang.

Sekian dari saya. Silahkan membagikan artikel ini jika menurut kalian artikel ini bermanfaat. Selamat menikmati manfaat BungaTelang dan semoga sehat selalu.


HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar